Kita pasti sudah tau, cara terbaik buat menurunkan berat badan atau menjaganya tetap stabil adalah dengan diet teratur, yang tentunya tetap menjaga pasokan nutrisi yang cukup buat tubuh kita. Jangan melakukan diet yang tidak teratur, berbahaya!

Ini ada satu program diet yang mungkin bisa kalian coba, karena sudah ”di-audit” oleh para ahli gizi, dan sudah ada banyak yang berhasil.

Diet dengan Sup Kubis (Kol)

Dasarnya, sebuah sup diet harus mengandung kalori yang tidak terserap oleh tubuh dan mampu mendukung pembakaran lemak dalam tubuh. Diet adalah kombinasi (pola) makanan yang akan membuat kalian merasa lapar, kalian tetap boleh minum air putih sebanyak kalian mau dan sup kubis, tapi kalian harus benar-benar ketat dengan makanan lain!

Okey, ini akan menjadi program diet 7 hari, dimana mentargetkan akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 4,5 hingga 6,5 kg. Makanan yang termasuk rendah kalori adalah kubis, bawang, dan tomat. (raciklah dengan sedikit bumbu untuk tetap bisa membuat selera)

Setiap hari akan ada makana tertentu, seperti kentang, jus buah, sayur-sayuran, dan boleh di akhir program ”bertemu” daging.

Hari pertama, kalian hanya boleh makan buah, semua buah kecuali pisang! Hanya boleh minum minuman yang tawar, teh tawar, kopi pahit, dan air putih, serta sup kubis. Berat?

Hari kedua, kalian harus menghindari makanan kemasan/kaleng atau siap saji, termasuk sayur dalam kemasan, seperti kacang polong, jagung, dan sebagainya. Tapi boleh jika merupakan sayuran segar, dan dimasak dengan cara direbus (bisa dicampurkan kedalam sup kubis). Untuk makan malamnya, panggang satu buah kentang ukuran besar, boleh ditambahkan mentega untuk menambah rasa. Ditambah dengan sup kubis sepuasnya, tapi tanpa buah! Plus sup kubis..Masih mampu?

Hari ketiga, kombinasikan program hari pertama dan kedua, namun tanpa kentang panggang.

Hari keempat, setelah melalui tiga hari awal yang sangat berat, di hari keempat ini kalian boleh bertemu makana yang manis, konsumsi 8 (delapan buah pisang dan kalian boleh minum susu rendah kalori sebanyak kalian suka. Tapi tetap, jangan lupa sup kubis nya!

Di hari kelima, kalian boleh makan daging 300-500 gram dan 6 buah tomat segar. Namun, jika ingin, daging boleh diganti dengan ikan rebus atau ayam panggang. Disarankan untuk minum 6-8 gelas air putih untuk membuang uric acid keluar dari tubuh kalian. Makan sup kubis setidaknya satu kali di hari ini.

Di hari keenam, makanlah daging (seperti porsi kemarin) dengan sayuran segar. Atau kalian boleh makan salad, tapi tanpa kentang. Makan sup kubis setidaknya satu kali.

Di hari terakhir, kalian boleh makan nasi (dari beras rendah kalori, mungkin banyak orang menyebutnya dengan beras india), jus buah tanpa gula, dan sayuran segar, dan tentunya sup kubis satu kali. Jangan makan roti, alkohol atau minuman bersoda, bahkan tidak minuman ”diet soda” selama program ini.