Saat ini sedang berlangsung konfrensi dunia tentang lingkungan hidup di Bali, Climate Change Conference 2007. Berarti sudah banyak penduduk dunia yang sadar bahwa dunia sedang mengalami krisis, sedang gunjang-ganjing. Tapi apakah kita termasuk yang ‘sadar’ itu? Apakah kita sudah ambil bagian untuk ikut menyelamatkan dunia?

Sekilas, mungkin masih ada yang belum tau apa sih itu ‘Global Warming’? ringkasnya, Global Warming adalah kejadian naiknya temperatur bumi akibat meningkatnya kandungan CO2 di bawah atmosfir yang menyelubungin bumi, yang merupakan efek rumah kaca atau green house effect. Nah, saat sinar matahari masuk ke dalam atmosfir bumi, secara normalnya akan terpantul kembali dengan mudah ke luar angkasa, namun karena CO2 ini, sinar tersebut terhalang untuk langsung keluar dari atmosfir bumi. Akibatnya temperatur bumi meningkat, berpengaruh pada melelehnya gunung es di kutub utara dan memuainya air laut. Hal tersebutlah, yang menyebabkan naiknya level air laut, makin sering deh terjadi banjir, terutama banjir air pasang bagi yang tinggal di pesisir pantai. Dan akibat lanjutannya adalah terjadi perubahan iklim, mulai tidak teratur.

Apa sih yang bisa kita lakukan untuk ikut menyelamatkan bumi? karena kalau dunia selamat, kita pun selamat, iya kan?  Karena kalau terjadi bencana seperti banjir atau kekeringan, toh kita-kita juga yang ikut susah. Tunggu artikel berikutnya..atau berikan komentar Anda!