Pernah dengar Machiavelian? Machiavelian itu adalah sebuah nama, Niccolo Machiavelli adalah seseorang yang hidup di jaman Renaissance. Dia adalah tokoh panutan para mafia dunia, para mafia Itali. Pola pikirnya, cara pandangnya, dan gaya hidupnya merupakan sebuah inspirasi.

Apa yang ada di dalam kepala Machiavelli? Keserakahan, takut berteman, benci lawan, benih kemrahan, haus kekuasaan, paranoia, kekacauan, odd sex. Tujuan menghalalkan segala cara.

Memangnya bagaimana orang-orang yang kaya yang berkuasa sampai mampu mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan seperti sekarang ini? Apakah mereka lebih pintar? Lebih gesit? Lebih cakep? Belum tentu! Beberapa bahkan bodoh dan jelek. Lalu apa keunggulan mereka? Simple answer..mereka menghalalkan segala cara dan lebih kejam, that’s it.

Machiavelli adalah seorang birokrat tingkat menengah yang selama sebagian besar karirnya bekerja untuk berbagai departemen yang berada langsung dibawah kekuasaan Pangeran Florance. Saat itu florance masih merupakan negara merdeka sebelum akhirnya diakuisisi menjadi Itali. Pemimpin tertinggi di sana saat itu, Lorenzo de Medici, seseorang yang cerdik, brutal, dan tidak menyenangkan bersebrangan dengan Machiavelli. Sebabnya kenapa tidaklah penting, akhirnya Machiavelli dijebloskan ke penjara.

Setelah sekian lama duduk dan berpikir di dalam penjara, Machiavelli mendapatkan pencerahan. Dan karena dia seorang penulis yang baik, maka dia pun menulis. Perjuangannya kembali meduduki kursi kekuasaan dan birokrat, menjadikannya semakin tenar hari demi hari. Sang Machiavelli telah tiada, tapi ajarannya tetap tinggal dan menjadi strategi inti untuk segelintir orang, yang mungkin cebol, tapi ternyata berhasil memimpin umat manusia lainnya dalam mencapai berbagai tujuan

“Apa yang akan dilakukan seorang Machiavelli?” Jawabannya adalah Dia akan mengincar kemenangan. Dan bagi kalian hanya ada satu pesan yang juga menjadi sumber segala kebijaksanaan :

Tujuan menghalalkan kecurangan.

hahahaha…

Itu semua cuma tulisan tentang seorang Machiavelli. Anda boleh ikut didalamnya, atau cuma sekedar tau. Hidup adalah pilihan mencapai tujuan, dan saya rasa kalian cukup bijak untuk menentukan pilahan itu.

Iklan