NGIDAM alias Craving sering dialami pada ibu hamil. Penyebab ngidam yang pasti belum diketahui. Namun ngidam adalah suatu hal yang umum bagi sebagian ibu hamil, apakah ngidam makanan atau ngidam bukan makanan.

Ngidam dikarenakan adanya perubahan hormon yang mengakibatkan indera perasa dan indera pembau lebih sensitif. Ibu hamil yang ingin asinan diartikan secara fisiologis tubuhnya memerlukan garam. Jika ingin es krim, tubuh tersebut memerlukan kalsium, dan lain-lain. Penelitian menunjukkan ketidakbenaran, dan tidak mencerminkan kebutuhan fisiologis yang sesungguhnya.

Ngidam bukan makanan atau disebut “pica” seperti makan tanah liat, tepung maizena, abu rokok, tepung aci, dan lainnya dapat membahayakan. Pica umumnya dikenal di antara wanita Amerika turunan Afrika dan sering diasosiasikan dengan anemia kekurangan zat besi. Pica adalah suatu kebudayaan unik yang menggambarkan hikayat bangsa tersebut ratusan tahun yang lalu yang percaya bahwa makan “bahan” tertentu dapat menghilangkan enek dan memperolehh bayi yang sehat serta memudahkan kehamilan, namun ternyata tidak terbukti.

Source: hidup sehat PM Pustaka