CC alias cartu credit alias kartu kredit memang memudahkan kita buat bertransaksi di jaman gene. Kita tinggal gesek kartu plastik itu untuk mendapatkan barang-barang yang sudah diidam-idamkan, bahkan mungkin tambah embel-embel bonus. Namun, jangan sampai keseringan akhirnya isi kantong jebol. Berikut tips sederhana untuk menghindari membengkaknya tagihan kartu kredit kita.

1. Segera Bayar Dan Jangan Menunda

Ada kebiasaan keliru yang kerap kita lakukan dalam membayar kartu kredit. Dana diambil setelah semua kebutuhan atau keinginan terpenuhi. Itu juga kalau masih sebaiknya jangan ditunda-tunda. Misalnya, kita gajian tanggal 25, maka segara bayar tagihannya. Meski jatuh tempo pembayaran masih jatuh dan kita belum mendapat rincian tagihan. Sebaiknya, kita tetap segera bayar. Berapa besarnya bisa dikira-kira dan TIDAK ADA ALASAN untuk menunda.

2. Tentukan Berapa yang akan Dibayar Sebelum Menggunakan Kartunya

Ini adalah salah satu cara untuk mengatur pengeluaran kita. Katakan saja bulan lalu tagihan kita NOL. Lalu, kita belanja di sejumlah toko, dimana total tagihan kita untuk bulan ini adalah Rp 250.000,-. Nah, setelah kita melakukan pembayaran sebesar Rp 250.000,- untuk tagihan itu, coba tetapkan berapa nilai yang akan kita bayarkan untuk bulan depan. Misalnya, Rp 250.000,- lagi. Efeknya adalah, dibulan depan, alam bawah sadar kita akan mengatakan bahwa kita tidak boleh berbelanja lebih dari Rp 250.000,-. Dengan demikian, diharapkan kita akan menjadi lebih fokus dan disiplin terhadap pembelanjaan.

3. Seleksi Penggunaan Dengan Bijak

Terkadang kita meremehkan jumlah tagihan minimal yang besarnya 10%. Tapi, disadari atau tidak, kartu kredit yang ada setiap tahun membebankan bungan dengan besar sekitar 42% untuk sisa tagihan yang tidak dilunasi. Jadi kalau kita membeli sebuah DVD Player seharga Rp 1juta, maka dalam 12 bulan total yang harus kita bayar bisa sekitar Rp1.420.00,-. Hampir separuh harga DVD yang dibeli. Jadi, coba pakai kartu kita hanya jika kita yakin bisa membayar tagihannya.

4. Prioritaskan Kertu dengan bunga Rendah

Kita punya lebih dari satu kartu kredit? Nah, mulailah untuk memprioritaskan penggunaan pada kartu yang membebankan bunga paling rendah. Kenapa? Ini karena saat membayar tagihan, sebagian pembayaran kita adalah membayar bunga. Jadi kalau kita membayar tagihan hanya minimal saja sebesar 10%, maka 3,5%-nya adalah untuk membayar bunga. Rugikan? Jadi, untuk selanjutnya, kalau kita punya lebih dari satu kartu, prioritaskan kartu dengan bungan terendah lebih dahulu.

Disunting dari : koran sindo