Semua orang pernah jatuh. Tidak perduli seberapa keras kita berusaha, hal-hal seperti itu bisa saja terjadi dalam hidup kita. Itu sebabnya, jika kita ingin meraih kesuksesan kita harus memiliki jiwa besar untuk berani bangkit lagi saat kita jatuh. Ingatlah bahwa sukses biasanya didapatkan melalui perjuangan yang panjang dan sikap yang tidak kenal menyerah. Demikian juga halnya jika kita ingin sukses dalam bisnis atau usaha, syarat yang paling mutlak adalah jangan pernah menyerah kalah ketika menghadapi banyak hambatan!

Jika kita mudah putus asa dan menyerah kalah ketika mengalami kegagalan, seharusnya kita malu dengan beberapa binatang berikut ini. Amatilah bagaimana laba-laba membuat jaring, lalu cobalah rusakkan jaring laba-laba tersebut, dan dengan segera laba-laba itu menenun kembali jaring yang telah rusak. Halangilah jalan semut menuju makanan, maka semut tersebut akan terus mencari jalan lain hingga sampai menemukan makanan tersebut. Demikian juga ambillah madu lebah yang mereka hasilkan susah payah, maka dengan cepat mereka kan membuat sarang yang menghasilkan madu kembali.

Tidak ada laba-laba yang putus asa ketika jaringnya rusak. Tidak ada lebah yang menyerah lelah ketika madu yang dihasilkannya dirampas. Demikian juga tidak ada semut yang berhenti ketika jalannya dihalangi. Jika binatang-binatang seperti itu saja memiliki “jiwa besar” untuk mencari jalan lain mengembalikan kondisinya, bagaimana mungkin kita sebagai makhluk yang lebih mulia justru mudah putus asa dan menyerah kalah ketika mengalami kegagalan di dalam hidup? Orang besar selalu memiliki jiwa besar. Cara berpikir mereka sederhana : coba saja lagi. Percayalah bahwa dunia ini ada hukum kehidupan yang berlaku yaitu bahwa jika kita tidak pernah berhenti mencoba maka cepat atau lambat kita pasti akan berhasil. So Never Give Up!