Menurunkan berat badan dan menjaganya menjadi permasalahan bagi banyak orang, namun memilih program diet yang baik dan aman tetap menjadi pertimbangan utama. Selain itu, dibarengi juga dengan olah raga dan teknik menurunkan tingkat stress beban pikiran.
Ada cara yang bisa kita tempuh nih, akupuntur, ini adalah alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah berat badan dan efektif untuk memudahkan penurunan dan menjaga berat badan dan tentunya dengan ditunjang gaya hidup yang sehat.
Jarum akupuntur ditusukkan ke titik tertentu di tubuh kita dan di telinga sehingga dihasilkannya hormon endorphin. Cara ini menghasilkan efek tenang dan relaksasi, yang akan berpengaruh ke penurunan tingkat stress, frustasi dan kecemasan. Disfungsi yang diakibatkan oleh tingkat stress akan memacu keinginan makan yang berlebihan.
Akupuntur juga bisa membantu untuk menyeimbangkan sistem organ yang bekerja terlalu cepat atau terlalu lambat, dalam kasus ini adalah masalah metabolisme tubuh.
Akupunturis akan melakukan beberapa pengujian awal sebelum melakukan treatment ini. Tahap selanjutnya akupunturis akan mulai melakukan treatment dengan mengkombinasikan titik-titik pada tubuh dan telinga.
Ada banyak titik penting yang biasa digunakan untuk program diet, yaitu:
1| Perut, yang akan membantu pasien yang memiliki kebiasaan makan meskipun sudah merasa kenyang atau yang punya kebiasaan ngemil. Sensor rasa lapar, sehingga mengontrol selera makan kita.
2| Paru-paru, yang digunakan untuk pasien yang memiliki ketagihan pada cokelat dan makanan manis lainnya.
3| Shenmen, yang merupakan titik penenang, unsur psikologisnya adalah mengurangi kecemasan, emosi, frustasi, dan perasaan tidak aman.

4| Mulut, yang merupakan titik impulsif keinginan makan dan juga keinginan untuk merokok.
5| Endocrine berfungsi untuk menjaga jumlah air dalam tubuh yang juga ikut berpengaruh pada berat badan.
6| Adrenal dan Ovary membantu menjaga berat badan untuk pasien yang sudah menopause atau saat PMS.
7| Limpa, yang berfungsi untuk keseimbangan jumlah gula dalam tubuh serta sistem hormonal.

8| Ginjal, yang berfungsi untuk menjaga jumlah air dalam tubuh, serta sistem kecemasan dan hormonal.

9| Dan, Tiroid untuk memperlambat kerja metabolisme.

Untuk yang ingin lebih aman sesuai dengan anjuran atau dalam pengawasan dokter, saat ini banyak rumah sakit, contohnya “Rumah Sakit Harapan Kita” – Jakarta yang membuka prakter dokter akupunturis. Sehingga keinginan untuk menurunkan berat badan tetap bisa seimbang tanpa takut akan mengalami kekurangan asupan nutrisi ke dalam tubuh.