Teman-teman semua, orang bijak berkata bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman-pengalaman yang telah kita lewati sepanjang tahun 2008 ini kiranya menjadi guru terbaik bagi kita. Perjalanan kita selama tahun kemarin tak jarang diwarnai dengan kesalahan-kesalahan yang kita buat. Adalah manusiawi jika kita melakukan kesalahan, namun yang penting adalah bagaimana ita belajar dari kesalahan tersebut sehingga kesalahan itu tidak kita ulangi lagi. “Jangan sampai jatuh di lubang yang sama”. Bicara tentang ini, ada pembagian tiga kelompok orang nih…. :

1. Orang bodoh

Orang bodoh adalah mereka yang tidak belajar dari kesalahannya. Yang selalu jatuh ke dalam lubang yang sama, tidak mengambil hikmah dari semua kejadian yang terjadi, and even worse makin mengutuk keadaan dan mencari kambing hitam. Dari setiap kejadian, ada pengalaman berharga disana. Misalnya dengan strategi yang lama kita tidak berhasil, adalah menyedihkan jika kita tidak bisa belajar dari pengalaman itu dan tetap saja menggunakan strategi yang sama.

2. Orang pintar

Orang pintar adalah mereka yang dapat belajar dari semua kesalahannya. Melakukan kesalahan memang manusiawi, tapi mereka bisa memetik pengalaman berharga dari hal itu sehingga hal itu tidak akan terulang lagi. Mengembangkan kebiasaan ini akan membuat kita terus tumbuh dan terus menyempurnakan diri. Itu sebabnya ada ungkapan bahwa kita tidak takut untuk melakukan kesalahan, selama kita belajar dari kesalahan itu, ingat kisah-kisah hebat Thomas Alpha Edison kan?

3. Orang bijak

Orang bijak adalah mereka yang dapat belajar dari kesalahan orang lain. Orang ijak selalu mengamati lubang-lubang mana yang sering membuat banyak orang jatuh. Orang bijak “menandai” lubang itu sehingga kelak dia melewati “jalan” itu, dia tidak perlu jatuh ke dalamnya. “Tidak perlu bayar sekolah kehidupan” tapi bisa belajar. Semakin sering kitabelajar dari kesalahan-kesalahan orang lain, besar kemungkinan semakin bijaklah kita. Maka, sering-seringlah berkumpul atau berkomunikasi denga orang-orang besar, sehingga kita bisa saling belajar dan meraih kesuksesan bersama-sama.

Selamat Tahun Baru 2009

Semoga tahun ini, kita bisa menjadi lebih baik dengan belajar dari masa lalu.