Ini beberapa khasiat sayuran dan buah-buahan :

1. Kacang keledai: Protein penting untuk menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh, menghasilkan antibodi, mengatur tingkat kelembaban, membekukan darah, dan meningkatkan produksi air susu selama priode menyusui.

2. Jahe: Dapat menghilangkan gejala-gejala pilek dan menyembuhkan peradangan pada kulit dan masalah pencernaan usus.

3. Dulse: Mencegah tekanan darah tinggi, kencing manis, penyakit syaraf dan kanker usus besar. Disamping itu Dulse juga memelihara kesehatan gigi serta keindahan rambut dan kulit.

4.  Sekam Gandum (Oat): Kaya dengan vitamin B lengkap dan mengandung zat-zat murni yang berasal dari dalam tanah dan berkhasiat untuk menyembuhkan wasir, sembelit, mencegah penuaan kulit agar kulit terasa lembut dan halus. Sekam gandum juga dapat mengurangi kolesterol, mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

5. Spirulina: Sejenis tumbuh-tumbuhan laut mikroskopik yang kaya akan gizi. Spirulina merupakansejenis makanan paling lengkap yang memberikan protein, vitamin, klorofil, betakaroten, mineral, dan lain sebagainya. Spirulina juga dapat menambah tenaga, menyeimbangkan hormon tubuh, menetralisir tingkat pH tubuh serta menghindari berbagai jenis penyakit mineral.

6. Rempah-rempah: Kaya dengan serat tumbuhan dan mineral monoritas yang dapat membantu proses pembersihan racun.

7. Cranberry: Sumber yang baik akan vitamin C dan fiber. Tinggi akan anti onsidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang ada dalam Cranberry berguna untuk mencegah resiko terjadinya infeksi pada saluran kencing, menghilangkan racun yang berasal dari peredaran darah serta membantu mengurangi pelekatan bakteri pada gigi, sangat bagus mengobati bisul, mencegah resiko terjadinya penyakit jantung, dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta mengurangi kerusakan pada sel-sel pada otak yang berhubungan dengan stroke.

8. Rose Hips: Pada umumnya terdapat Vitamin C di dalam Rose Hips, tetapi juga merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan flavoids, yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh akan vitamin. Juga dapat mencegah resiko terjadinya infeksi ginjal, mengurangi gejala pusing-pusing serta sangat berguna untuk mencegah terjadinya masuk angin, lemas, susah BAB, infeksi dan masalah yang terjadi di kantung kemih.

9. Apel: Banyak vitamin yang ditemukan di dalam apel terutama yaitu vitamin C. Sumber yang sangat baik akan fiber, yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Apel juga mengandung mineral-mineral yang sangat berguna bagi tubuh kita. Di dalam apel juga terdapat flavoids, anti oksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah resiko gejala penyakit jantung dan kanker.

…itu beberapa contoh sayur dan buah yang bisa menjadi pilihan untuk kita konsumsi kita, bisa dijadikan jus atau dalam bentuk santapan lain sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Semoga bermanfaat ya….

Let’s go Organic…

lanjut ke artikel khasiat sayur dan buah (2)

note: disadur dari melilea.com organic food